Sponsored

Bayi Kuning

Penjelasan seorang dokter, tentang mengapa bayi menjadi kuning.

Semua, sekali lagi semua, bayi manusia akan mengalami proses "menjadi kuning" yang disebut sebagai " icterus neonatorum " ; tergantung berat ringan nya maka ada bayi yang nyata terlihat berwarna kuning dan ada yang tidak disadari karena hanya ringan saja.

Icterus neonatorum yang fisiologis akan timbul pada usia bayi 3-5 hari, kadar bilirubin tidak lebih dari 12 mgr%, dan akan hilang dalam waktu kira2 7 hari. Bayi tidak perlu dirawat di RS, cukup mendapat sinar matahari pagi dirumah.

Mengapa hal ini terjadi ?
Karena terjadi proses pergantian jenis hemoglobin bayi ( bukan golongan darah ), dari jenis HbF (fetus) yang dipergunakan selama didalam rahim , menjadi jenis HbA (adult) yang akan dipergunakan didunia ini. Tergantung dari keadaan bayi, bila dia normal maka proses perubahan ini akan berlangsung dalam hati (hepar) yang normal sehingga proses kuning akan ringan atau bahkan lolos dari perhatian orang tuanya.

Yang patologis, bila timbul dalam 3 hari pertama dengan kadar bilirubin lebih dari 12 mgr% dan berlangsung lebih lama, hal ini berbahaya sampai dapat menimbulkan apa yang disebut Kern icterus bahkan dapat menyebabkan kematian bayi; bayi demikian perlu dirawat di RS bahkan mungkin diperlukan proses "penggantian darah" (exchange transfusion).

Icterus yang patologis, selain disebabkan perubahan HbF menjadi HbA, diperberat dengan hal2 abnormal lain, misalnya prematuritas, infeksi waktu persalinan , trauma persalinan, perdarahan, ketidak cocokan golongan darah ,kelainan hepar bayi dll

sumber: ** From: "Dr. Hendra Gunawan Widjanarko" <[EMAIL PROTECTED]>