Sponsored

Lebih Jauh tentang obat DIET

Barusan aja, aku browsing tentang obat-obat diet yang beredar di pasaran. Sebenarnya karena dipicu penasaran abis nonton SIGI, tadi siang, tentang jamu pelangsing yang ditarik dari pasaran karena mengandung sibutraminHCl.
Dari penjelasan naratornya, aku tangkep bahwa ada dua jenis obat pelangsing yang diijinkan masuk Indonesia oleh Badan POM, yaitu Sibutramin HCl dan Orlistat. Dua-duanya masuk kategori gol. G atau obat keras yang harus menggunakan resep dokter.
Karena penasaran aku browse di i-net. Dapet hasil sbb.
Meridia (sibutramine hidrochloride)
Xenical (orlistat)
Keduanya harus digunakan di bawah pengawasan ahli. Dan yang mengkonsumsi, adalah orang yang memiliki BMI (Body Mass Index) lebih besar dari 27. Cara perhitungan BMI = (weight/(height*height))

Ilustrasi aja ya...
Aku dengan 1,58m dengan berat 48kg. Jadi BMI=19. Untuk bisa mengkonsumsi salah satu jenis obat di atas beratku harus lebih besar dari 67kg. Jadi sebenarnya menurut referensi yang aku baca, kalau BMI kita gak lebih dari 27, lebih baik mengatur pola makan dech...
Dua obat di atas, mempunyai cara kerja yang beda. Dua-duanya belum lama ditemukan. Bahkan Orlistat baru mempunyai bukti penilitian atas 2tahun pemakaian obat tersebut.
Sibutramine bekerja dengan menekan sistem syaraf pusat yang mengatur lapar.
Sedangkan Xenical bekerja dengan mengikat enzim lipase yang dihasilkan sistem pencernaan sehingga enzim ini tidak dapat memecah lemak, hasilnya lemak keluar melalui sistem pembuangan.
Ini efek samping yang mungkin terjadi saat kita mengkonsumsi Orlistat... (sorry gak diterjemahin)
- Bodyache; chills; cough; fever; headache; nasal congestion; runny nose; sneezing; sore throat
- Tightness in chest; tooth or gum problems ; troubled breathing; wheezing
- Bloody or cloudy urine; change in hearing ; contagious diarrhea; difficult or painful urination; earache; frequent ur ge to urinate; pain in ear
Sedangkan penggunaan sibutramin (dari hasil SIGI, aku simpulkan), memiliki efek samping:
- pusing
- jantung berdebar, mempengaruhi kerja jantung
- sulit tidur
- tekanan darah naik
Walaupun, tidak semua pengguna obat-obatan ini mengalami seluruh efek samping, dan semuanya tergantung sensitivitas tiap orang.
Tapi dengan baca aja... walah syereeem banget!!! Mendingan pake yang natural aja dech. Pola hidup sehat dan seimbang. Cukup istirahat dan olahraga. Gak perlu yang aneh-aneh... kecuali penggunaan di bawah pengawasan dokter.
Yang aku sayangkan, kenapa banyak sekali obat-obatan golongan keras, dijual bebas dan dapat diperoleh tanpa resep dokter. Duh, negriku.... negriku... Dah, ah segini aja hasil browsingku dari berbagai sumber.